Search This Blog

Monday 18 May 2015

Bedanya Kopi Arabika dengan Kopi Robusta


Perbedaan Kopi Arabika dan Kopi Robusta


Menikmati secangkir kopi merupakan salah satu kegiatan yang paling nikmat di dunia ini. Aromanya yang harum bikin tambah semangat dan yang paling utama rasa asam pahitnya ketika dininum, hemm luar biasa. Begitu istimewanya minuman ini menjadikan komoditi biji kopi mentah sangat berharga, menjadi komoditas dagang paling berharga nomor dua setelah minyak bumi di dunia saat ini. Dalam komoditas kopi dunia terdapat dua jenis kopi yang pastinya Kamu sudah tahu yaitu Kopi Arabika dan Kopi Robusta. Dua jenis kopi inilah yang menguasai pasar kopi dunia saat ini, hampir semua produk kopi di pasaran seluruh dunia merupakan kopi arabika dan kopi robusta

Tapi ada suatu keganjilan yang ada dalam masyarakat penikmat kopi di Indonesia, banyak penikmat kopi di sekitar kita masih bingung jenis kopi apa yang diminumnya tiap hari. Padahal Indonesia merupakan negara penghasil kopi terbesar ke empat di dunia. Dan kopi arabika dari Indonesia merupakan salah satu kopi terbaik di dunia. Oleh karena itu kami ingin membagi info tentang kedua jenis kopi ini dengan harapan agar Kamu menjadi tahu kopi apa yang tiap hari Kamu minum. Berikut ini kami infokan kopi arabika dan kopi robusta yang sudah digolongkan menjadi dua sehingga bisa lebih mudah dipahami.


Kopi Arabika :

1. Harga lebih mahal 2-3 kali dari kopi robusta.
2. Menguasai 70% pasar kopi dunia
3. Kafein rendah.
4. Rasa asam dangan karakter rasa asli yang kuat.
5. Tanaman kopinya hidup di dataran tinggi
6. Kopi Arabika Indonesia termasuk salah satu kopi arabika terbaik di dunia karena karakter rasanya yang khas dan menjadi primadona di pasar kopi dunia.


Kopi Robusta :

1. Harga lebih murah.
2. Menguasai 30% pasar kopi dunia.
3. Kafein tinggi, sekitar 2-3 kali lebih banyak dari kopi arabika.
4. Rasa pahit dengan sedikit rasa asli.
5. Tanaman kopinya hidup di dataran rendah.
6. Kopi Robusta Indonesia menguasai pasar kopi nasional, sebagian besar diolah menjadi bahan baku produk kopi sachet dan kopi instan.

Lalu kopi apa yang tiap hari Kamu Minum?

Sumber Artikel ini: http://www.kopijavalorek.com/2012/05/perbedaan-kopi-arabika-dan-kopi-robusta.html

No comments:

Post a Comment